5 Poin yang Meyakinkan Anda Akan Pentingnya Bersabar

Meski terkesan harus mengalah atau mengorbankan keinginan, namun bersabar punya banyak manfaat bagi diri.

Karena bangun kesiangan akibat semalaman tak sabar ingin merampungkan pekerjaan, alhasil penyebrang jalan yang berada di depan kendaraan saya nyaris terserempet. Beberapi hari sebelumnya, saat mobil mengalami kerusakan di tengah perjalanan di luar kota, si montir meminta saya untuk menunggu pagi sampai mobil selesai diperbaiki. Tapi, karena saya tak sabar ingin bergegas sampai rumah, di tengah perjalanan kondisi semakin parah dan harus berujung diderek.

 

Beberapa kejadian tadi mencoba mengetuk pintu hati dan meresapi diri akan pentingnya bersabar.  Apa lagi ketika hidup di kota besar, tentu banyak tuntutan yang membuat Anda dipaksa untuk bergerak cepat. Seringkali juga kata “sabar” sirna demi ingin mengikuti keinginan diri. Padahal memiliki rasa sabar itu banyak sekali manfaatnya. Kira-kira apa saja ya?

Memberi ketenangan

Memiliki kesabaran membuat tubuh dan pikiran jauh lebih merasakan ketenangan. Anda tak terbebani dengan target yang ingin Anda capai, juga tidak mudah stres karena selalu memaksa diri untuk bergerak cepat.

Mengerti arti  proses

Terburu-buru membuat Anda terus berusaha dan hanya melihat target saja. Tarik nafas dalam-dalam dan tenangkan diri karena setiap proses sangat berharga untuk dinikmati. Dan tentu saja banyak hal baru yang bisa Anda dapatkan dari proses itu sendiri – yang tidak akan pernah Anda rasakan ketika Anda berada dalam keadaan tertekan dan terburu-buru.

Menyeimbangkan diri dengan lingkungan

Bukan hanya Anda saja yang terkena dampak ketidaksabaran, lingkungan di sekitar Anda pun ikut merasakannya. Orang di sekitar Anda bahkan bisa lelah karena melihat Anda tergesa-gesa tanpa jeda. Karena itu dengan kesabaran justru keseimbangan dengan lingkungan akan terjaga dengan baik.

Merasakan kedamaian

Daniel Baugher, seorang dekan pascasarjana di Universitas Pace, New York City berpendapat bahwa ketidaksabaran dapat menyebabkan rasa gelisah, kebencian, dan permusuhan. Jika Anda memupuk rasa sabar, maka Anda akan merasakan hidup lebih damai karena setiap hal yang Anda lakukan mengalir dengan sendirinya.

Menjadi lebih sehat

Benar sekali! Bersikap sabar ternyata bisa menjauhkan Anda dari berbagai penyakit mematikan, seperti sakit jantung dan darah tinggi. Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Journal of American Medical Association pada tahun 2003, orang yang tidak memelihara kesabaran pada usia 18-30 tahun, memiliki kemungkinan besar mengalami tekanan darah tinggi di kemudian hari.

Baca Juga :

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *